Minggu, 20 Oktober 2019

Wanita Dalam Pandangan Hindu

Berbicara mengenai wanita/perempuan banyak hal yang akan kita jumpai terutama pendapat yang disampaikan pasti akan berbeda-beda terkait penilaian terhadap seorang perempuan. Dalam agama meskipun yang pertama kali diciptakan ialah laki-laki (Adam), bukan berarti perempuan diciptakan tidak memiliki keistimewaan tersendiri.
Bila kita perhatikan, dalam agam hindu seorang wanita sangat mempunyai peran yang sangat penting yang mana sebagai “sarana” terwujudkan Purnarbhava atau sering disebut dengan reinkarnasi. Dari hal tersebut juga kemudia berkembang istilah lain yakni Svanittha yang memiliki arti “Bibit”, atau jalan yang dikandung oleh setiap manusia.
Dalam agama Hindu jika perempuan yang sudah menjadi istri akan dikatakan sebagai pengamal Dharma. Istilah itu timbul karena menurut beberapa penilaian diantaranya, sudah mengandung, melahirkan, memelihara bayi, serta kepada tahap seterusnya yakni mengajar serta mendidik anak sampai dewasa. Dalam agama hindu suami juga sering dikatakan sebagai pengamal Shakti dinilai karena memampuan dalam berfikir dan jasmani untuk bekerja mencari nafkah untuk istri serta anaknya.
Dari kombinasi tersebut yakni Dharma dan Shakti akan menumbuhkan kehidupan yang lebih baik. Dari kombinasi tersebut sering juga disebut sebagai Pradana dalam pandangan Hindu. Pradana diartikan sebagai pemeliharaan.
Dalam ajaran Hindu, seorang wanita harus dihargai terlebih jika sudah menjadi istri. Bukan hanya seorang suami saja yang wajib menghargainnya melainkan juga harus dilakukan oleh mertua, ipar atau semua saudaranya, semua itu bertujuan untuk menghendaki kesejahteraan pribadi mereka masing-masing.
Bila seorang wanita sangat dihormati, dalam agama hindu juga menjelaskan bahwa dewa-dewa akan merasa senang melihat tindakan tersebut. Namun bila seorang wanita tidak dihormati atau dihargai dalam keluarga maka keluarga tersebut akan hancur seluruhnya seolah dihancurkan oleh keluarga gaib.
Secara jelas dalam agama Hindu, wanita adalah ciptaan yang sempurna yang mana sangat layak untuk mengormati mereka serta member perhatian kepada mereka baik dari segi fisik, maupun dari segi nafkah.
Menghormati wanita dalam ajaran Hindu bukan hanya dilakukan berdasarkan kebiasaan sehari-hari saja, malainkan hal tersebut sudah sangat jelas dicantumkan dalam kitab yang mereka miliki. Umat hindu juga tidak memperbolehkan melakukan tindakan yang kurang baik pada seorang wanita misalnya seperti tindakan diskriminatif, bila tetap dilakukan maka orang tersebut akan mendapat celaka.
Pada dasarnya menghormati wanita bukan hanya kita jumpai dari ajaran Hindu, hal tersebut sebenarnya juga bisa kita jumpai dari ajaran agama lainnya. Setiap ajaran agama juga dengan jelas mengajarkan kita untuk terus menghormati seorang wanita terlebih jika wanita itu sudah menjadi istri. Bahkan tidak ada ajaran agama yang melarang untuk menghormati seorang wanita atau perempuan, karena tanpa mereka maka bisa dipastikan tidak akan pernah lahir yang namanya manusia dimuka bumi ini.
Visit Our Sponsor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar