Minggu, 20 Oktober 2019

Mantra Panca Sembah Lengkap Beserta Artinya

Dalam Hindu, panca sembah merupakan sebutan untuk doa yang umumnya dilakukan oleh umat Hindu. Salah satunya adalah pulau Bali. Bali terkenal dengan daerah yang memiliki budaya dari agama Hindu yang sangat kental.
- JUAL ES KRIM PESTA MURAH DI BALI
- Jual Cake Ulang Tahun Bali

Panca sembah artinya adalah lima kali sembah yang dimana merupakan sebutan doa yang dilakukan umat Hindu kepada Sang Hyang Widhi. Doa panca sembah ini biasa dilakukan sehari-hari untuk menyembah Tuhan. Dimana doa ini biasanya digunakan umat Hindu sebagai penyampaian penghormatan, sembah dan mengadu kepada Tuhan.
Panca sembah adalah doa yang sakral bagi orang Hindu sehingga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan doa panca sembah menyangkut umat Hindu dengan sang penciptanya.
Dalam Hindu, ketika sembahyang maka mereka melakukan bentuk persembahan dengan cara sungkem. Persembahan ini dilakukan dengan tata cara yang telah ditentukan sehingga tidak boleh dilakukan dengan sembarang.
Sebagai umat Hindu, sebaiknya anda mengetahui bahwa mantra panca sembah terbagi menjadi 3 (tiga) jenis yakni sebagai berikut:
  • Panca sembah tanpa mantra
Panca sembah yang diakukan tanpa mantra merupakan salah satu jenis sembah yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika melakukan sembahyang yang didampingi oleh pemangku. Panca sembah tanpa mantra juga biasanya dilakukan oleh sesepuh atau lansia yang bertujuan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan.
  • Panca sembah sesonteng
Panca sembah sesonteng ini dilakukan ketika seseorang bersembahyang seorang diri saja tanpa didampingi oleh pemangku. Sembahyang ini juga biasa dikenal dengan sebutan sembahyang ngeraga.
  • Panca sembah dengan mantra
Panca sembah dengan mantra merupakan jenis sembah yang sangat khusus karena terdapat mantra-mantra yang perlu dilafalkan selama seseorang melakukan sembahyang. Dalam melakukan panca sembah dengan mantra ada beberapa hal yang harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga panca sembah dengan mantra ini tidak boleh dilakukan sembarang.
- JUAL ES KRIM PESTA MURAH DI BALI
- Jual Cake Ulang Tahun Bali

Berikut merupakan mantra yang dilafalkan dalam melakukan sembahyang panca sembah beserta artinya.
Ong Atma Tattwatma Suddha Mam Swaha
Artinya: Oh Tuhan.. Wujudmu dalam diri atma adalah keilahian, maka bersihkan diri hamba
Ong Aditiya Sya Paramjyotir, Rakta Teja namostute, Sweta Pangkaja Madhyasthe, Bhaskara Ya Namostute, Om Hrang Hring sah Parama Siwa Raditya Ya Namo Namah.
Artinya: Oh Tuhan.. di dalam manifestasimu sebagai dewanya di seluruh dewata, dan sang aditi dengan segala sinarnya yang luar biasa, engkau bersinar merah, hamba menghormatimu, engkau adalah Tuhan yang berada di antara teratai putih, hormat hamba kepada sang pemberi pencerahan.
Ong nama Dewa Adhisthanna Ya, Sarwa Wyapi Wa Siwa Ya, Padmasana Eka Pratistha Ya, Ardhanareswari Ya Namo Namah, Ong Hrang Hring Sah Parama Siwa Aditya Ya Namah Swaha.
Artinya: Oh Tuhan.. kepada sang dewa yang tinggal di tempat yang tinggi, kepada dewa siwa yang sesengguhnya ada dimana-mana, kepada sang dewa yang duduk di teratai sebagai suatu tempatnya, kepada dewa Adhanareswari, hormat hamba padamu.
- JUAL ES KRIM PESTA MURAH DI BALI
- Jual Cake Ulang Tahun Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar