Minggu, 20 Oktober 2019

Inilah Pemimpin Sembahyang Agama Hindu

Setiap agama tentu memiliki pemimpinnya sendiri. Baik agama Islam, Kristen, Budha, Hindu Kong Hu Cu dan agama lainnya tentu memiliki pemimpin agamanya sendiri.
Pemimpin agama atau biasa disebut dengan pemimpin sembahyang merupakan seseorang yang memimpin kelompok umat agama tersebut dalam menjalankan kegiatan peribadatan atau kegiatan keagamaan suatu agama tertentu.
- JUAL ES KRIM PESTA MURAH DI BALI
- Jual Cake Ulang Tahun Bali

Pemimpin merupakan seseorang yang umumnya dijadikan panutan bagi banyak orang. Dalam agama Hindu di Bali, sebutan untuk pemimpin keagamaan atau pemimpin yang memimpin Upakara biasanya adalah Rsi, Pandita, Pinandita dan berbagai sebutan lainnya.
Dalam Hindu, pemimpin agama biasa disebut dengan “Orang Suci”. Pemimpin agama ini baik Rsi, Pandita, Pinandita dan sebutan lainnya. Orang suci ini merupakan manusia yang mendapatkan wahyu dari Hyang Widhi dalam bentuk mantra suci.
Pemimpin agama biasanya terlihat memiliki kewibawaan rohani dan kepekaan untuk menerima gentaran dari hal-hal ghaib.
Sementara itu wahyu yang didapatkan oleh pemimpin agama ini diturunkan langsung oleh Hyang Widhi saat berupa mantra suci saat bertapa. Pada zaman dahulu, apabila para pemimpin agama menerima wahyu dari Hyang Widhi maka mereka biasa menulisnya ditempat-tempat yang dapat digunakan untuk menulis seperti batu, pohon maupun goa.
- JUAL ES KRIM PESTA MURAH DI BALI
- Jual Cake Ulang Tahun Bali

Jika dilihat dari penampilannya, pemimpin agama ini biasanya dapat membawa aura yang menyejukkan, menenangkan . Pemimpin agama tidak akan terpengaruh baik dalam keadaan suka maupun duka jika sudah mengamalkan ajaran agamanya.
Seiring waktu berjalan, kemudian wahyu yang diturunkan dari Hyang Widhi kepada para pemimpin agama dibukukan dengan rapi sehingga jadilah Kitab Suci Veda. Untuk itu, sebagai umat yang memegang keyakinan dari apa yang telah diturunkan kepada para pemimpin agama ini ada dalam kitab suci yang menjadi pedoman bagi seluruh umat hindu.
Untuk itu berterima kasihlah kepada Hyang Widhi dan para pemimpin agama karena sudah menjaga wahyu Tuhan dengan sangat baik sehingga dapat memajukan moral, etika dan kehidupan lahir batin bagi seluruh umat Hindu di muka bumi ini.
Dalam Taittiriya Upanisad, para pemimpin agama sama halnya dengan seorang Acarya yang patut dihormati seperti Dewa.
Para pemimpin agama ini merupakan pemimpin bagi umat hindu, dimana para pemimpin agama ini merupakan seseorang yang memiliki kedudukan sangat mulia dalam beberapa rangkaian Upacara yang harus dilaksanakan oleh seseorang yang ingin mencapai Pandita, Diksita atau Sulinggih.
Sehingga tanpa adanya para pemimpin agama upacara tertentu mungkin tidak akan berjalan dengan baik.
Dalam ajaran agama Hindu, pemimpin agama atau pemimpin sembahyang dalam agama Hindu juga disebut sebagai Pinandita. Pinandita ini berasal dari kata Pandira yang artinya adalah orang suci. Pandita ini di anggap sebagai wakil Pandita melalui upakara eka jati sehingga statusnya menajadi Pinandita.
Jadi kesimpulannya, baik Rsi, Pandita, Pinandita merupakan sama-sama para pemimpin agama yakni orang-orang suci dalam agama Hindu yang masing-masingnya memiliki kedudukannya tersendiri dalam memimpin sebuah upakara atau upacara.
- JUAL ES KRIM PESTA MURAH DI BALI
- Jual Cake Ulang Tahun Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar