Rabu, 20 Mei 2020

Apa kesimpulan ajaran Buddha dan Hindu? apakah sama?

Hindu mengatakan Brahman (Tuhan) adalah Kebenaran Tertinggi. Buddhisme menolak konsep Īśvara (Tuhan pengendali), kekosongan adalah Kebenaran Tertinggi.
.
Hindu mengatakan daya hidup (nyawa) adalah Brahman sebagai ātmā (percikan rohani), Hindu menegaskan "aku" bukan ego (ahaṅkāra), "aku" adalah roh (ātmā). Buddhisme menolak eksistensi roh, kesadaran tentang "aku" hanyalah ego.
.
Śūṇyatā-vāda adalah konsep ajaran Buddhisme yang sering diistilahkan untuk menjelaskan konsep “tanpa diri”. Sedangkan Hindu berpegang pada Vedānta & Upaniṣad, yang menyatakan dengan jelas bahwa Brahman adalah Sang Diri (ahaṁ brahmāsmi ).

.
Konsep Śūṇyatā & Brahman sejatinya identik. Brahman (Sang Kesadaran Agung) bersifat Ketiadaan Absolut (Nirguṇa). Sang Ketiadaan itu mengalami dinamika, dinamika ini disebut dengan Śakti. Dinamika pertama (ichā-śakti) adalah kehendak-Nya untuk mengada. Brahman adalah Mahā-śūṇyatārūp Paramapuruṣa. Ini hanya tendensi sederhana antara Hindu monistik (advaita-vāda) dengan Buddhisme.
.
Namun dalam Hindu dualis (dvaita-vāda, dkk) melalui filosofi bhakti-marga menekankan roh (ātmā) & Brahman sebagai 2 subyek yang berbeda, kedudukan roh selamanya tunduk dibawah Brahman (menjadi pelayan kekal-Nya). Roh mencapai pembebasan semata-mata pada belas kasih-Nya, ajaran Buddha tidak memiliki akses ke bhakti-marga.
.
Kesimpulan
.
• Buddha memandang materialisme adalah satu-satunya perwujudan Kebenaran Mutlak, filosofi Buddha hanya berurusan dengan materi & pembubaran materi; dengan demikian tujuan agama Buddha adalah untuk bergabung ke dalam kehampaan (nirvāṇa).
.
• Hindu (monisme) memandang diluar sesuatu yang bersifat material itu adalah Brahman, yaitu keberadaan sang roh; tujuan filsafat monisme adalah untuk bergabung dalam Brahman (mokṣa).
.
• Hindu (dualis) memandang pengabdian diri sepenuhnya kepapada-Nya adalah kedudukan dasar roh, tujuan filsafat dualis adalah alam Vaikuṇṭha, yaitu berinteraksi & bertatap muka dengan-Nya secara langsung.
.
Ajaran Buddha & Hindu monistik asosiasinya adalah penyucian diri; sedangkan Hindu dualis asosiasinya adalah pelayanan suci.
.
#balipunyacerita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar