Jumat, 29 Juni 2018

SUNGAI BADUNG

Hasil gambar untuk sungai badung

Foto Sungai Badung Februari 1972

SUNGAI kota dapat diartikan sebagai sungai yang mengalir di wilayah kota besar. Sungai kota umumnya jauh dari suasana sungai di pedesaan yang alami dengan gemericik air jernih mengalir di antara bebatuan serta dahan pepohonan menggelayut menggapai permukaan sungai. Air sungai kota jauh dari jernih, justru penuh sampah, pekat, hitam dan bau. Pun tak dihiasi pepohonan, namun rumah-rumah kumuh berjejalan di bibir sungai hingga menjorok ke tengah, membuat setiap orang yang memandang sumpek.

Visit Our Sponsor
- Jual Hotwheels Langka Murah
- Chocolate Gift & Cake Ulang Tahun Bali
- Jasa Desain Grafis Murah
- Service Laptop / Smartphone Panggilan Denpasar
Menjual Kaos, Jaket & aksesoris anime, game band dll
- Cari Penghasilan Tambahan Dari Blog..KLIK DISINI

Pengertian ini akan membedakan pemahaman terhadap keberadaan sungai-sungai besar yang juga melintasi wilayah kota besar di Kalimantan dan Sumatera. Sungai-sungai besar tersebut sangat lebar dan dalam, sehingga menjadi sarana transportasi masyarakat. Sungai kota dalam skala yang lebih kecil, acapkali menjadi momok pemerintah kabupaten/kota dalam upaya menata dan memperindah kota. Sampah hanyut dan tersangkut di mana-mana dengan air yang pekat berubah-ubah warna.

Untuk Denpasar meski tidak dalam ukuran besar, terdapat beberapa sungai yang melintasi jalan utama kota Denpasar. Sungai terbesar adalah Tukad Badung. Sungai ini mulai terlihat dari Jalan Gatot Subroto di Lumintang kemudian ke selatan melintasi Jalan Gajah Mada, Hasanudin, Nusa Kambangan dan terpanjang terlihat di Jalan Imam Bonjol dan berakhir di Estuari Dam Suwung.


- Jual Cake Ulang Tahun Bali
- JUAL ES KRIM PESTA MURAH DI BALI

Sungai lainnya Tukad Teba yang berdampingan dengan Jalan Imam Bonjol, mulai dari Banjar Abiantimbul, Margaya hingga di Banjar Abianbase di wilayah Kuta. Maka kedua sungai ini, Tukad Badung dan Tukad Teba mendapat perhatian lebih dari pihak Pemkot, terutama pada penataan kebersihan dan keindahannya. Sampah-sampah kota seperti kantong dan botol plastik, sampah rumah tangga sepertinya tidak pernah tidak, selalu menghiasi wajah sungai. Belum lagi pada beberapa bagian terdapat genangan sampah dengan bangkai binatang mengapung dan busa yang membumbung tinggi hingga terbang terbawa angin jalan. Jika ini dibiarkan, kondisi ini berbanding terbalik dengan misi menjadikan Denpasar yang "BALI" -- bersih, aman, lestari dan indah. Maklum saja kedua sungai kota ini melintasi jalan raya dengan intensitas kepadatan tinggi karena merupakan jalan raya pariwisata dan ekonomi masyarakat.

Maka sangat perlu perhatian dan kesadaran warga untuk menjaga kebersihan sungai-sungai yang ada di sekitar kita untuk tidak membuang sampah sembarangan karena akan sangat mempengaruhi ke indahan dan kenyamanan baik warga sekitar sungai maupun wisatawan yang datang ke bali.
Apalagi di saat musim penghujan jika sampah yang banyak menumpuk dan menyumbat saluran air di sungai-sungai itu dapat menyebabkan banjir yang membahyakan kita sendiri maka perlu kesadaran dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan sungai-sungai yang ada di bali.

Sumber : www.balipost.co.id/BaliPostcetak/2003/9/7/des1.html



Credit: https://www.facebook.com/yan.otonksidakarya


Recommended Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar