Selasa, 19 Juni 2018

GERBANG UTAMA PURA BATUR TERTIMBUN MUNTAHAN MATERIAL AKIBAT LETUSAN DAHSYAT GUNUNG BATUR 1926.

Hasil gambar untuk LETUSAN DAHSYAT  GUNUNG BATUR 1926.

Foto Tahun : 1938
KITLV LAIDEN 

Serangkaian letusan dahsyat. Letusan itu turut membentuk seluruh lanskap Pulau Bali. Letusan mematikan itu terjadi sekitar 29.300 tahun lalu, diawali dengan muntahan 84 kilometer kubik ignimbrit (material vulkanik). Letusan dahsyat ini membentuk kaldera Batur pertama. Jejak material vulkanik yang dilontarkan dalam letusan itu tersebar hingga ke Ubud dan sisi utara Denpasar (sekitar 40 km dari Danau Batur) dengan ketebalan ignimbrit hingga 120 meter (Sutawijaya, 2000). Selama ribuan tahun, material vulkanik itu membatu dan kini ditambang masyarakat menjadi bahan bangunan. Letusan besar kedua terjadi 20.150 tahun lalu, memuntahkan 19 km3 ignimbrit dan membentuk kaldera kedua. Di dasar kaldera kedua ini kemudian tumbuh Gunung Api Batur. Jejak letusan besar kedua ini tersingkap sempurna di kompleks Pura Gunung Kawi (sekitar 21 km dari Danau Batur). Ignimbrit yang membentuk tebing hingga 20 meter itu dipahat menjadi kompleks untuk memuliakan roh leluhur, termasuk Raja Udayana. Pura ini dibangun sekitar abad ke-11. Indyo Pratomo, geolog pada Museum Geologi Bandung, menggambarkan kedahsyatan letusan kaldera kedua itu melalui singkapan material vulkanik di tebing sekitar Jalan Besakih-Panelokan, 10 kilometer dari kaldera Batur. Singkapan itu menunjukkan adanya serangkaian letusan sebelum terjadi letusan dahsyat yang melontarkan isi dapur magma ke udara hingga 40 km. Seperti dikutif dari sains kompas (Evolusi Batur Belum Selesai, 15 Desember 2011).

- Jual Cake Ulang Tahun Bali
- JUAL ES KRIM PESTA MURAH DI BALI
Disisi lain, Kawasan Pegunungan Batur merupakan sebuah kawasan yang menjadi tulang punggung Bali (tulang giing Bali). Dikawasan ini memiliki cadangan air yang sangat besar. Air bawah tanah yang mengalir disebagian sawah di Bali diproduksi sebagian besar di wilayah pegunungan ini. Kawasan Pegunungan Batur memiliki peranan yang sangat penting dalam keberlanjutan kehidupan ekosistem di Pulau Bali. Selain pegunungan Batur, bersama-sama pegunungan lainnya yang terbentang dari barat sampai timur merupakan rangkaian pegunungan yang membentuk tulang punggung Pulau Bali. Rangkaian pegunungan tersebut merupakan wilayah konservasi yang dimaksudkan untuk penyediaan cadangan air Pulau Bali secara alami.

Peradaban di Kaki Gunung Batur

89 tahun telah berlalu, sampai pada letusan besar terakhir Gunung Batur pada tanggal 3 Agustus 1926, sebelum bencana terakhir menimpa Desa Batur di kaki Gunung Batur. Disebelah Barat Daya terdapat sebuah pura besar sebagai pusat peradaban pada masa itu, yaitu Pura Batur yang saat ini dikenal dengan nama Pura Ulundanu Batur beserta desa intinya yaitu Desa Sinarata (sebelum perubahan administrasi desa oleh penguasa di Tahun 1460-1550 Masehi). Pada Tahun 1612 Gunung Batur meletus dan menghujani Desa Sinarata dengan serpihan batu dan material gunung, sehingga menimbulkan kerusakan luar biasa bagi Desa Sinarata. Kemudian letusan selanjutnya pada Tahun 1700 Desa Sinarata kembali mengalami bencana, Desa Sinarata
Visit Our Sponsor
- Jual Hotwheels Langka Murah
- Chocolate Gift & Cake Ulang Tahun Bali
- Jasa Desain Grafis Murah
- Service Laptop / Smartphone Panggilan Denpasar
Menjual Kaos, Jaket & aksesoris anime, game band dll
Terkena semburan api dan hawa panas yang turun dari kawah Gunung Batur. Kembali pada Tahun 1784 Gunung Batur mengeluarkan lahar panas yang menimbulkan banyak rumah yang hanyut dan penduduk yang meninggal serta saat itu juga bersamaan muncul gunung kecil baru di Gunung Batur. Peradaban kebudayaan telah dibangun dari masa ke masa yang telah melalui proses persahabatan dengan bencana alam gunung berapi, bahkan kita telah merasakan 26 kali letusaannya dan itu hanya yang tercatat semenjak 1804 hingga 2005.

Berdasarkan data Peta Batur Tahun 1915 yang dibuat oleh pemerintah kolonial Belanda pada saat itu, menunjukkan Pura Ulundanu Batur dengan desanya yaitu Desa Batur memiliki kawasan permukiman terbesar jika dibandingkan dengan desa-desa sekitarnya.

Sumber : http://www.kompasiana.com/maivautama/rekam-jejak-batur-sebuah-peradaban-di-kaki-gunung-batur-ulasan-pameran-foto-sejarah_555476276523bdf01d4aef3a


Credit: https://www.facebook.com/yan.otonksidakarya

DAPATKAN CARA MENGHASILKAN PASSIVE INCOME KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar