Minggu, 17 Desember 2023

4 Sampradaya utama

 

Ada 300 Sampradaya di smesta ini, dan agama Hindu atau tradisi yang di lakukan di Bali termasuk dalam *Samya- Sampradaya*. Secara prinsip ritual ada beberapa bagian tata cara yang di lakukan di Bali sangat terkait dengan *Rudra-Sampradaya*.
Ada 4 Sampradaya utama ;
1. Brahma Gaudya Sampradaya.
2. Rudra Sampradaya
3. Catur Kumara Sampradaya.
4. Laksmi Sampradaya.
Bahkan pemujaan Devi Laksmi pun di lakukan secara khusus di Bali.
Sampradaya adalah bagian dari Hindu itu sendiri. Apa itu Sampradaya? Adalah pengetahuan untuk kemajuan rohani yang di dapatkan dengan cara mengikuti aturan dan peraturan kitab suci yang di ajarkan oleh para Deva dan juga para Rsi Agung untuk kemajuan peningkatan jalan kerohanian.
Agama Hindu sangat terkenal dengan ajaran Toleransinya terhadap agama atau kepercayaan yang lain, untuk itu mendiskreditkan sebuah kepercayaan dan keyakinan yang lain bukanlah ajaran dari agama Hindu yang sebenarnya, karena secara prinsip Tattva semua ajaran agama Hindu mengajarkan kebaikan, berbuat baik yang di dasari *cinta kasih*. BerAgama bukan hanya tentang ritual tetapi tentang bagaimana *bersikap dan bertindak untuk kesejahteraan semua mahluk dan keharmonian seluruh semesta*.
Salam Rahayu, mari bergandengan tangan dalam menempuh setiap jalan agar langkah kaki kita menjadi ringan.
Kita hendaknya cerdas karena tanpa di sadari bahwa kita sedang di adu domba...jadi tetap waspada dan *cintai sesama*.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar